Translate

FOLLOWERS

Mengenai Saya

Kamis, 05 April 2012

CARA MEMPROTEKSI AKUN FACEBOOK

Mengikuti persaingan ketat dua jejaring sosial terkemuka saat ini Google+ dan Facebook,  membuat saya berdecak kagum. Para engineer  mereka tidak duduk diam, mereka terus melakukan pembenahan agar dapat membuat para penggunanya merasa nyaman, aman dan puas. Para engineer Facebook  sendiri terkesan sangat agresif dengan menambahkan beberapa fungsi dalam penampilan Facebook yang “baru”.
Bagi anda yang baru saja menggunakan Facebook dalam format “baru” ini, mungkin harus mencari-cari beberapa letak tombol, menu atau link yang sekarang sudah berpindah  tempat dan telah dimodifikasi semakin baik lagi. Diantara fasilitas yang menurut saya merupakan terobosan terbaik yang dilakukan para engineer Facebook saat ini adalah melakukan penambahan fungsi pada Security dan Private Setting.
untuk kesempatan kali ini saya ingin membahas sedikit tentang pengaturan Security Facebook yang baru. Beberapa diantara memang merupakan fasilitas/fungsi lama namun saat ini telah diperbaharui lebih baik lagi.  Bagi yang sudah melakukan langkah pengamanan ini mungkin anda sudah mengetahui manfaatnya. Namun bagi yang belum, saya sarankan anda mengikuti pembahasan dibawah ini.
PENGAMANAN
Sebagai identifikasi awal, untuk mengetahui apakah pengamanan Facebook anda sudah aman atau belum. Anda dapat mengetahui melalui pesan dibawah ini (lihat gambar dibawah). Gambar atau pesan ini dapat anda lihat pada saat login dan menuju bagian “Home ” Facebook.
13155108121743888821Apabila anda melihat status akun proteksi adalah “medium”, saya sarankan anda melakukan updating untuk meningkatkan pengamanan akun Facebook anda. Caranya klik saja tombol “Increase Protection” atau buka link ini (setelah anda login).  Setelah melakukan hal ini anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini. (lihat gambar)
13155112771146885897
 
  1. No. 1, menunjukan status proteksi anda (dalam contoh berstatus “medium”)
  2. No. 2 menunjukan kontak email anda. Saran saya, tambahkan satu atau lebih akun email anda, namun dengan catatan email yang anda masukan memiliki pengamanan yang baik. Email yang memiliki pengamanan yang baik saat ini, adalah email yang menyediakan pemulihan melalui telepon seluler. Tentukan akun primary/utama  anda. Saran saya adalah email khusus yang dibuat seaman mungkin.
  3. No. 3.  untuk menambahkan nomor telepon mobile anda. Saya sangat sarankan anda memasukan no HP anda. Pada saat menambahkan nantinya anda diminta memilih nama negara (biasanya otomatis) kemudian diminta masukan no HP  dengan format 62xxxxx (tidak pakai tanda + maupun angka 0). Mengapa nomor HP penting karena akan dimanfaatkan untuk langkah pengamanan tingkat lanjutan (advance). Selain itu pemulihan password sangat aman apabila digunakan melalui HP.
  4. No. 4, untuk pertanyaan rahasia. Bagian ini juga saya sarankan untuk diisi, karena akan bermanfaat untuk  proteski tingkat lanjut.  Tips penting saya, jangan masukan jawaban dari pertanyaan rahasia sesuai dengan pertanyaan yang terdapat pada pilihan yang tersedia.  Misalnya apabila pertanyaannya adalah nama buku kesukaan anda, berikan saja jawaban yang berbeda. Misalnya nama binatang peliharaan atau sesuatu yang unik yang mudah sekali anda ingat.  Memang kelihatan tidak umum, tetapi cara ini untuk mengecoh pengguna iseng. Hal yang sama sekiranya aperlu anda lakukan juga pada pertanyaan rahasia pada email anda. (perlu diketahui banyak sekali email dan facebok yang dapat dijebol karena pertanyaan rahasia dapat ditebak orang dengan melihat informasi yang terdapat pada facebook anda, tanggal lahir atau kota kelahiran. Jangan lakukan hal ini)
Setelah anda update beberapa informasi di atas, maka tahap pengamanan dasar anda sudah dapat dikatakan berstatus “High”. Seperti gambar di bawah ini.13155121551981212541
Walaupun sudah dinyatakan high, menurut saya belum sepenuhnya dapat diandalkan. Karena anda perlu menentukan kapan informasi tersebut digunakan. Yang hanya ada adalah mengenai pengaturan pemulihan password. Selebihnya anda perlu diatur lagi pada bagian Security Settings. Cara membukanya, klik menu akun/Account pada pojok kanan atas, kemudian pilih sub menu “Account Settings. Setelah itu disamping kanan  akan terlihat beberapa menu seperti gambar dibawah ini.
1315512507985877108Menu General dan Mobile berisi informasi umum akun anda. Pengaturan penting pada bagian ini, sebenarnya dapat ditentukan/diatur lewat pembahasan di atas, mengenai settingan dasar pengamanan akun. Namun dalam hal penggunaan dan pengaturan pengamanan tingkat lanjut anda harus memilih menu Security , beberapa fungsi/fasilitas diantaranya adalah baru disediakan oleh Faceboo
  1. Secure Browsing, yaitu  menyediakan pilihan koneksi aman menggunakan http atau https. Secara ringkas, HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Bahasa Ringkasnya. HTTPS merupakan HTTP yang Secure, menggunakan Https lebih aman karena informasi yang dikrimkan tidak mudah di snife (capture) oleh orang yang tidak berkepetingan. Saran : berikan tanda centang pada saat anda mengedit pengaturan pengamanan ini. Sehingga dikemudian hari anda dapat browsing baik menggunakan http atau https.
  2. Login Notification. Pada saat anda mengedit pengaturan ini, ada dua pilihan yang disediakan melalui pesan email atau SMS.  Kedua caranya akan berfungsi apabila anda atau orang lain melakukan login akun facebook  pada device atau IP yang berbeda (yang tidak biasa anda gunakan selama ini).  Saran : pilihlah kedua pilihan yang ada (terutama sms), sehingga apabila ada orang yang melakuan login ilegal pada akun facebook anda, anda dapat mengetahuinya langsung dari HP anda. (ingat bahwa setingan no HP telah dibahas di atas, pembahasan ini adalah lanjutan pemanfaatannya)
  3. Login Approvals. Apabila anda memberikan tanda centang pada pengaturan ini, maka setiap anda login, anda diminta memasukan security code (seperti capacha). Mengapa hal ini dilakukan, untuk mencegah adanya teknologi yang dapat mengakses login akun kita (menggunakan bot/machine). Saran : sebaiknya anda berikan tanda centang.
  4. Recognized Devices. Pada bagian ini terekam data device yang anda gunakan selama ini. Device yang dimaksudkan bisa berupa pengenalan komputer/notebook/handphone, Browser atau Operating Sistem yang anda gunakan untuk login facebook.  Atau dengan menggunakan devices yang sama  namun menggunakan modem atau koneksi internet dengan menggunakan IP yang berbeda.  Nama devices yang tertera pada daftar tersebut adalah nama yang diminta oleh facebook sebagai pengenal, pada saat anda login menggunakan devices yang baru dikenal (berbeda dengan devices biasa yang anda gunakan). Saran : jangan menghapus daftar devices yang ada.
  5. Active Sessions, berisi informasi terkini (saat ini) facebook anda digunakan. Berisi informasi tentang device name, device type dan pengenalan lokasi. Apabila ada melakukan login menggunakan dua browser aktif yang berbeda pada komputer yang sama, maka informasi device type akan memberitahukan masing-masing nama browser yang anda gunakan saat ini.
  6. Menu terakhir dari pengaturan pengamanan ini bersifat “optional” yaitu apabila anda ingin menutup atau deactivate sementara akun vacebook anda. Link tersebut terdapat paling bawa bertulisan “Deactivate your account”.
BACKUP - Download/Unduh Data Facebook (Facebook Help Center)
Untuk informasi terakhir adalah tentang membackup beberapa informasi dari akun facebook anda dengan cara download.  Inilah fasilitas baru yang disediakan oleh Facebook. Beberapa hal yang perlu anda ketahui dari Fasilitas baru ini adalah sebagai berikut :
  1. Unduhan ini memuat informasi profil Anda, oleh sebab itu Anda harus melindunginya dan berjaga-jaga saat menyimpan, mengirim, atau mengunggahnya ke layanan lain mana pun. ‘
  2. Memiliki salinan informasi Anda - baik itu di Facebook atau di layanan lain di internet - merupakan bagian penting dalam mengontrol informasi yang Anda bagikan.
  3. Di samping itu, mengunduh salinan informasi Anda mungkin ada gunanya jika hanya ada di Facebook. Misalnya, Anda bisa saja kehilangan telepon seluler, yang berisi banyak foto yang Anda ambil dengan ponsel itu. Jika foto-foto tersebut telah diunggah ke Facebook, dengan mengunduh informasi maka Anda akan mendapatkan salinannya lagi di komputer.
  4. Memiliki salinan informasi Anda - baik itu di Facebook atau di layanan lain di internet - merupakan bagian penting dalam mengontrol informasi yang Anda bagikan.
1315516316333651068
Bagaimana cara mengunduh informasi saya dari Facebook?
Anda dapat mengunduh informasi Anda dari halaman Pengaturan Akun.
  1. Buka menu buka-bawah Akun di pojok kanan atas Facebook dan pilih Pengaturan Akun.
  2. Klik Unduh salinan data Facebook Anda.
  3. Klik tombol Unduh di halaman berikut.
Saat saya mengunduh informasi saya dari Facebook, apa saja yang termasuk dalam file tersebut?
File Anda akan berisi informasi berikut:
  1. Informasi profil Anda (misalnya informasi kontak, minat, grup)
  2. Kiriman Dinding dan konten yang dikirim oleh Anda dan teman ke profil Anda
  3. Foto dan video yang Anda unggah ke akun
  4. Daftar teman Anda
  5. Catatan yang Anda buat
  6. Acara yang Anda nyatakan akan dihadiri
  7. Pesan yang Anda kirim dan terima
  8. Semua komentar yang Anda dan teman-teman lontarkan di kiriman Dinding, foto, dan isi profil lainnya
Dapatkah saya memilih dan menentukan informasi yang ingin saya unduh?
Sayangnya, Anda tidak bisa memilih satu per satu data yang ingin diunduh. Anda harus mengunduh file secara keseluruhan.
Apa tindakan keamanan yang diterapkan untuk memastikan bahwa orang lain tidak mengunduh salinan informasi saya?
  1. Apabila Anda mengunduh informasi Anda, Facebook  mengharuskan Anda mengonfirmasi identitas Anda sebelum Anda dapat menuntaskan proses unduhan.
  2. Pertama, facebook akan mengirimkan email ke alamat email yang tercantum di akun Facebook Anda untuk mengonfirmasi bahwa memang Anda yang melakukan proses ini. Setelah Anda menerima email, Anda harus memasukkan kembali kata sandi Anda. Jika Anda menggunakan komputer umum, atau komputer yang tidak Anda gunakan secara rutin, Anda juga mungkin harus menyelesaikan captcha foto teman atau captcha SMS via ponsel Anda.
Peringatan: File ini berisi informasi sensitif. Anda harus melindunginya dan berjaga-jaga saat menyimpan, mengirim, atau mengunggahnya ke layanan lain mana pun.
Menggunakan jejaring sosial adalah pilihan setiap orang. Penggunaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita adalah merupakan cara yang terbaik. Mungkin ada yang sudah anti pati menggunakan berbagi jejaring sosial, namun tidak dapat dipungkiri kehadiran jejaring sosial ini dapat memudahkan kita bersosialisasi secara online dan mendapatkan informasi yang aktual langsung dari sumbernya. Tetapi kembali lagi, semua menjadi pilihan kita masing-masing.
Semoga Bermanfaat

Real Posted by : http://www.nusawarta.com/2011/09.html

0 komentar:

Posting Komentar